Struktur Bumi

Urutan struktur Bumi dari dalam hingga ke permukaan Bumi adalah inti bagian dalam, inti luar, selimut Bumi hingga kerak Bumi. Masih banyak orang yang belum memahami bahwa Bumi yang menjadi pijakan manusia merupakan planet yang bentuknya bulat dan memiliki banyak komponen. Berikut urutan lapisan Bumi yang wajib diketahui:



1. Kerak Bumi (Crush)
Struktur Bumi yang paling luar adalah kerak Bumi. Lapisan paling luar ini bersifat sangat rapuh, tipis dan gampang patah dibandingkan struktur yang ada di bawahnya. Padahal jika dilihat, lapisan yang paling luar ini nampak keras tapi nyatanya tidak. Lapisan kerak Bumi ini tersusun dari elemen seperti alumunium, silica hingga oksigen. Struktur kerak Bumi memiliki ketebalan yang bervariasi dikarenakan faktor permukaan yang tidak rata

2. Selimut Bumi (Mantle)
Selimut Bumi disebut juga dengan mantel atau selubung Bumi. Struktur satu ini disebut sebagai mantel Bumi karena lapisannya yang memang menyelubungi inti Bumi dan menjadi bagian paling besar dari bagian Bumi. Selimut Bumi mencapai 83,2 % dari volume Bumi. Sementara, jika dipersentasikan dari keseluruhan masa Bumi mencapai 67.8%.
Lapisan ini terdiri dari material yang berbentuk cair. Selimut Bumi juga dikenal dengan nama astenosfer.

3. Inti Luar (Outer Core)
Struktur berikutnya dari Bumi adalah inti luar. Lapisan ini memiliki bentuk cair yang tersusun dari besi dan nikel. Inti Bumi bagian luar ini terletak di kedalaman 2.885 hingga 5.144 kilometer. Sementara lapisan bagian ini memiliki suhu yang begitu panas yaitu mencapai 3.700 derajat Celsius.

4. Inti Dalam (Inner Core)
Inti dalam adalah lapisan dari Bumi yang paling dalam. Lapisan ini memiliki ukuran atau jari-jari sebesar 1.220 kilometer, atau sekitar tiga per empat ukuran bulan. Inti bagian dalam ini berada di kedalaman 2.885 higga 5.144 kilometer di bawah bagian permukaan Bumi.

Sementara itu, bagian inti dalam ini memiliki suhu mencapai 4.300 hingga 5.400 derajat Celsius. Suhu ini hampir sama panasnya dengan permukaan matahari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini